Diary Nica: Padahal masih pagi..

Ini mungkin akan jadi diary online pertama yang aku mau share hari ini. Aku nulis ini pagi hari, masih pagi banget and it's kinda a bad day, because lots of people are ruining my morning. Pagi-pagi, udah complain, udah ngegas, udah sotoy, giliran diajak ngobrol, dikomunikasiin, eh malah denial.

Don't you know that communication matters in business?

(So, the context is about my business, customers, resellers, and partners. Impatiently, do complain in the early morning. When I gave them tips and suggestions, they denied it. Rather than do what I suggest to them, they gave another argument to complain. Like? ha? What's wrong with you?)

Okay, karena masih pagi harusnya aku ga boleh judge hari ini 'bad day' karena bisa jadi di siang hari atau bahkan sampe malam ada aja hal baik yang terjadi.

Tapi masalahnya adalah orang-orang tuh kayaknya ga betah menahan diri gitu loh. Pagi-pagi udah ngerecokin orang tuh kenapa? Ga bisakah bangun pagi tuh santai dulu, tarik napas dalem-dalem, rasain sejuknya udara pagi, sejuknya air dingin pagi hari, ngaca dan senyum sambil bilang "wah aku cakep banget ya pagi ini, my messy hair looks cute" and etc. You can give any kind of positive affirmation to yourself supaya damai hatinya, ga penuh ada amarah pagi-pagi, jadi ga ngerecokin orang hfttttttt.

Menurut aku, penting banget untuk kita tau caranya berkomunikasi, ke diri sendiri dulu deh. Gimana  sih cara kamu ngomong ke diri kamu sendiri? Kalau kita bisa berkomunikasi yang baik ke diri sendiri, akan lebih mudah untuk berkomunikasi ke orang lain plus berkomunikasi dengan empati.

Sebelum ngomong, sebelum melakukan sesuatu, coba tanya, "kira-kira kalau aku diginiin, aku suka ga ya? kira-kira aku kalau ada di posisi dia, gimana ya?"

Have you tried to put yourself in someone's shoes?

Buat aku, pagi itu adalah waktu yang krusial untuk set up the mood. Tapi kalo dari pagi udah banyak aja orang yang 'nyenyenye' ga jelas, itutu bener-bener kayak 'erghhhh' menyebalkan. 

Semua orang tuh sibuk, semua orang punya masalah, dan belum tentu semua orang dalam kondisi mental dan fisik yang sehat. Consider it all before you say a word, or do something. 

Orang-orang yang menyebalkan di pagi hari tuh berkesan banget, apalagi yang nyebelinnya masuk dalam kategori sering. Selamat yaaa udah jadi part of my morning memories!

Comments