April 2024


Bulan ini belum sepenuhnya berakhir, tapi April menyimpan banyak cerita. Bagaimana aku bersenang-senang, bersedih, mempertanyakaan kehidupan, bahkan hura-hura bersama diri sendiri dan orang lain. Aku menemukan banyak hal indah di bulan ini.  Aku melihat berbagai sudut pandang dari orang-orang yang bertemu denganku. Bulan ini ramadhan berakhir, syawal dengan Idul Fitrinya. Aku bertemu orang-orang baik. Tidak ada pertanyaan menohok tahun ini. Semua orang bersuka cita, termasuk aku. Meski tidak sepenuhnya diriku ada disini.

Entah dimana aku berada, aku masih merasa asing. Aku tidak tahu siapa aku dan diriku. Aku bahkan mempertanyaan kepercayaan-kepercayaan dalam diriku. Aku berpikir terlalu banyak. Ketika sedih atau marah aku terlalu banyak menganalisisnya. Kenapa suatu hal bisa terjadi. Apa yang terjadi atau kulakukan sebelumnya. Apa yang bisa aku lakukan ke depannya. Aku bisa aku kendalikan dan tidak bisa aku kendalikan. Kenapa aku merasakan apa yang aku rasakan saat ini. Semua ditelaah satu per satu.

Krisis keimanan juga terjadi di bulan ini. Dimana aku mempertanyakan kenapa manusia harus beragama, kenapa harus percaya Tuhan, dan kenapa islam agama yang kupercayai? aku sempat tersesat meski sudah tidak lagi. Butuh waktu lebih dari 3 hari untuk kembali berpikir jernih. Entah apa yang salah, aku masih berusaha mencari tahu. Mungkinkah Tuhan berusaha meneguhkan kepercayaanku dengan meningkatkan rasa ingin tahuku terhadap firman-Nya?

Teman-temanku pergi bulan ini. Bisa jadi ya atau tidak, belum terjadi. Tapi aku tetap sedih mendengarnya. Teman-teman kesayanganku yang mengisi hari-hari kosongku menjadi suatu hal yang lebih berwarna. Kemana lagi aku harus mencari obrolan receh itu atau sekedar keluar untuk jalan kaki. Tetangga mana lagi yang bersedia menemani waktu luangku? Mendengar curcolan gak pentingku? Mendengar cerita anehku yang kadang gak nyambung itu? Dan mereka berdua meninggalkanku, di bulan yang sama, mungkin juga hari yang sama. Aku sedih hehe. Tuhan..kenapa ya? Kenapa ya orang-orang selalu memutuskan untuk berpisah dariku? hehe.

Comments